Tempat Favorit Untuk Belanja Domain

Sebagai seorang blogger, masing-masing dari kita tentunya memiliki tempat favorit untuk belanja domain sendiri-sendiri. Ada yang menjadi pelanggan setia Godaddy, Aplus, 1and1 dan atau tempat registrasi domain yang lain. Untuk 3 nama besar yang telah saya sebutkan diatas, sebenarnya pernah menjadi tempat favorit saya selama berbulan-bulan.

Namun, karena ada banyak kekecewaan, akhirnya saya cerai dengan mereka semua. Untuk Godaddy, keluhan utamanya adalah karena terlalu banyak “internal ads” di member area, sehingga jika koneksi internet kurang mendukung, pelanggan akan cukup kesulitan dalam memanage domain ataupun melakukan transaksi. Selain itu, jika kita ingin mentransfer domain ke registrar yang lain, pelanggan juga dibuat pusing dalam menemukan EPP code serta masih banyak lagi keluhan-keluhan kecil yang lain. Untuk membuktikan apa pendapat saya benar atau salah, silahkan cari reviewnya di mesin pencari.

Sementara untuk Aplus dan 1and1, keluhanya adalah tidak terlalu familiar dengan menu yang ada. Entahlah dengan kondisi sekarang ini, saya sudah jarang log in semenjak tahun 2008 lalu. Dan khusus untuk Aplus, yang paling menjengkelkan adalah lambatnya respon ketika melakukan pergantian Name Server. Ini jelas sangat mengganggu usaha SEO kita karena hosting tidak cepat “UP”. Bahkan, dalam 2 hari pun belum tentu bisa resolve karena update NS di dalam Aplus sendiri bisa lebih dari 24 jam.

Dan berdasar beberapa pengalaman diatas, jangan heran jika 3 registrar tersebut bukan menjadi tempat favorit saya lagi jika ingin belanja domain. Lalu pertanyaanya, registrar mana yang paling favorit? Untuk sementara ini, saya percayakan semua domain yang saya miliki di NameCheap. Dengan alasan sebagai berikut.

1. Harga yang diberikan cukup bersaing dibanding tempat lain. Namun demikian, kita bisa mendapat discount yang lumayan jika mau mencari dan atau menggunakan coupon code yang di release perbulan.

2. Dari setiap domain yang dibeli, kita mendapat free whoisguard atau whoisguar gratis selama 1 tahun.

3. Pelanggan bebas menggunakan fasilitas Free DNS dari NameCheap. Dengan demikian, jika pelanggan ingin memanage domainya untuk berbagai keperluan, tidak perlu lagi memakai DNS luar. Fasilitas ini sendiri meliputi CNAME (yang biasa digunakan untuk custom domain di blogger.com), A (pointing Adress ketika tidak menggunakan Name Server), Redirection, dan banyak lagi fitur yang lain.

4. Layanan online support yang cepat, professional dan “helpful”. Berdasar pengalaman saya sendiri, semua pertanyaan dan keluhan yang disampaikan pada pihak namecheap segera mendapat tanggapan.

5. Dll…

Meski demikian, NameCheap bukanya tanpa kekurangan. Untuk urusan hosting, harga yang diberikan terlalu mahal. Oleh karena itu, cukup gunakan NameCheap sebagai tempat untuk belanja domain. Untuk urusan hosting, cari aja tempat favorit lain yang memiliki harga lebih murah dan bagus tentunya.

Woke, semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s