MODUL I, Algoritma Pemrograman I

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN NETBEANS
A.      DASAR TEORI
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistemasis dan sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritama urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang benar.
Unfied modeling language (UML) belakangan ini merupakan skema reprensentasi grafis yang banyak digunakan secara luas untuk permodelan system berorientasi objek. UML adalah bahasa grafis yang kompleks dan kaya dengan fitur, contohnya Activity Diagram. Activity Diagram adalah flowchar yang memodelkan aksi yang akan dikerjakn oleh objek beserta dengan ordernya.
            Netbeans adalah IDE yang ditujukan untuk memudahkan pemrograman java. Dalam netbeans, pemrograman berbasis visual dan event driven. Untuk membuat dialog atau user-interface, kita tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris, tatapi cukup “klik” pada component-pallete. Teks program akan dihasilkan secara otomatis. Netbeans mencangkup complier atau builder, dan debugger internal.
B.      PEMBAHASAN
Program 1:
public class ProgramSederhana {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println(“Titik Nurhayati”);
        System.out.println(“Jalan Raya Janti”);
    }
}
Hasil Program :
Penjelasan :
Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan program
public class ProgramSederhana {
    public static void main(String[] args) {
Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama ProgramSederhana. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
        System.out.println(“Titik Nurhayati”);
        System.out.println(“Jalan Raya Janti”);
    }
}
kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.
Program Pada Latihan 1 :
public class Latihan1 {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.print(“Haloo Semua…”);
        System.out.print(“Selamat Belajar Java..”);
    }
}
Hasil Program :
Penjelasan :
package titik.lat1;
Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan program
public class Latihan1{
    public static void main(String[] args) {
Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Latihan1. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
        System.out.print(“Haloo Semua…”);
        System.out.print(“Selamat Belajar Java..”);
    }
}
kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode print()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan print() maka hasil output akan tercetak di sampingnya, bukan di bawahnya.
Program Pada Latihan 2 :
public class Latihan2 {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println(“Kami Sedang Belajar Java”);
        System.out.println(“Jangan Di Ganggu…!”);    }}
Hasil Program :
Penjelasan :
Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan program
public class Latihan2{
    public static void main(String[] args) {
Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Latihan2. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
        System.out.println(“Kami Sedang Belajar Java”);
        System.out.println(“Jangan Di Ganggu…!”);    }}
kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.
C.     TUGAS
1.      Apa saja kelebihan NetBeans sebagai IDE pemrograman java ?
Mempunyai garbage collection, dapat membuat program berbasis visual dan event driven, tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris untuk membuat dialog atau user-interface, dapat menghasilkan teks program secara otomatis, di dalam netbeans juga ada compailer, builder, dan debugger internal.
2.      Sebutkan editor yang dapat digunakan untuk program java !
NotePad, TextPad, GEL, Enclips
D.    KESIMPULAN
Dari pernyataan – pernyataan di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk membuat program dengan bahasa pemrograman java akan lebih mudah sekali jika kita membuatnya dengan editor yaitu NetBeans, karena NetBeans mudah di gunakan dan teks program akan dihasilkan secara otomatis.
E.     LISTING
Terlampir
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s