MODUL SO : KDE (Control Center dan Aplikasi Office)

1. Tujuan:

  • Mengenal KDE Control Center untuk mengatur berbagai setting Desktop KDE,
  • Mengetahui Aplikasi untuk jenis Office yang banya digunakan antara lain KWord dan Open Office.
2. Landasan Teori:
KDE Control Center menyediakan fasilitas untuk melakukan pengaturan berbagai setting desktop KDE. Pada dasarnya KDE Control Center terdiri atas banyak modul. Setiap modul merupakan sebuah program yang terpisah-pisah. KDE Control Center dibuat untuk memudahkan user melakukan berbagai pengaturan setting KDE.
Untuk menjalankan KDE Control Center, dapat dilakukan dengan salah satu cara sebagai berikut:
1.            Klik tombol K lalu pilih menu Control Center
2.            Buka Terminal, misalnya shell lalu ketik “#kcontrol”
3.            Klik tombol K, lalu pilih menu Run Command untuk menampilkan jendela Run Command, kemudian ketikkan “kcontrol” pada kotak isian Command.
Semua langkah di atas akan menghasilkan hasil yang sama, yaitu menampilkan jendela Control Center.
Dalampenggunaan computer sehari-hari, sistem operasi tanpa program aplikasi tidak akan berguna. Program aplikasi yang paling banyak digunakan adalah program aplikasi office. Program aplikasi office adalah program aplikasi yang menyediakan segala keperluan untuk mendukung pekerjaan perkantoran sehari-hari yang juga digunakan oleh user di rumah.
KOffice adalah aplikasi perkantoran dari keluarga KDE. Dengan demikian jika Linux menggunakand esktop manager KDE, bisa dipastikan K-Office sudah terinstall. Sama denagn Microsoft Office, program-program aplikasi KOffice adalah independent. Masing-masing aplikasi berdiri sendiri bisa diinstall secara terpisah.
PELAKSANAAN PRAKTIKUM

1.            Background
a.            Cara mengkonfigurasi latar belakang/backhground
Untuk mengkonfigurasi background kita dapat memulai dengan mengklik menu “K”, kemudian pilih “configuration” àKDE àLook&FeelàBackground. Maka akan segera tampil sebagaimana gambar di bawah:
                b.            Ada tiga menu, yaitu background, wallpaper dan advanced
Background digunakan untuk mengatur warna baik yang melatarbelakangi ataupun sebagai warna transparan di depannya. Ada beberapa pilihan effect pada menu mode yang data memperindah tampilan background. Coba kita lihat ada mode apa saja, kita dapat menampilkan dengan cara mengklik menu arrow pada menu mode.
 
Kita coba untuk menggunakan multi wallpaper dengan interval waktu change/perubahan yaitu 1 menit, gambar background yang ditampilkan seluruh file gambar yang ada di dalam direktori user/share/wallpaper/ dengan cara pencet Ctrl+a (select all). Langkah selanjutnya adalah dengan cara memencet “Ok” sehingga masuk ke dalam menu multi wallpaper. Kita juga memilih mode random untuk mengatur agar wallpaper ditampilkan secara acak. Setelah selesai semua pengaturan wallpaper maka langkah terakhir adalah dengan cara memencet “Ok”. Yang akan terjadi adalah ketika selang 1 menit maka background secara otomatis akan berubah sendiri dan gambar yang ditampilkan secara acak.
   c.         Menu tab wallpaper, berisi pengaturan desktop meliputi mode  Common Background, pilihan jenis wallpaper untuk tidak menggunakan, single wallpaper  (hanya satu gambar yang akan dijadikan wallpaper) ataupun dengan setting Multi wallpapers (Wallpaper dengan banyak gambar/gambar berbeda). Kemudian mode posisi penampilan, apakah model centered (titik tengah) atau title dimana wallpaper akan digandakan sesuai dengan resolusi gambar dan akan diperbanyak sehingga menutupi seluruh layar desktop, atau model scaled dimana gambar dengan resolusi berapapun akan disesuaikan dengan resolusi desktop, sehingga effek dari scale ini bagi gambar-gambar yang beresolusi kecil akan kelihatan pecah-pecah.
                d.            Tab yang tersedia lainnya adalah advanced, fungsinya adalah
 
Kita lihat ketika blending diubah dari horizontal blending diganti contrast blending maka gambar background berubah menjadi seperti gambar di atas. Dapat kita simpulkan bahwa blending berarti pencampuran warna dan latar belakang.
2.            Date dan Time
a.            Untuk melakukan setting terhadap date dan time kita pilih melalui menu “K” kemudian àconfiguration àKDEàSystem, kemudian klik date & Time
                b.            Akan keluar menu run as root, dimana menu ini meminta kita untuk memasukkan password masuk ke user root atau administrator. Linux senantiasa meminta verifikasi password demi keamanan terutama yang berhubungan dengan pengaturan setting computer. Apabila pengguna tidak dapat masuk ke user administrator maka tidak akan dapat melakukan perubahan terhadap beberapa menu setting yang penting.
 
Begitu anda dapat memasukkan password maka akan tampil menu tanggal dan jam yang dapat digunakan untuk menyelaraskan waktu sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Kita dapat memilih kota Jakarta dari bagian Asia sebagaimana ditampilkan di bawah ini. Apabila sudah sesuai maka dapat dieksekusi dengan memencet tombol “apply” atau langsung “Ok”.
3.            Information
a.            Menu ini disediakan juga dapat diakses melalui menu “K” à configuration à KDE àInformation , kemudian banyak mode informasi yang dapat dilihat, sebagaimana dibawah yang masing-masing mempunyai informasi tertentu:
b.            Cara yang kedua adalah dengan cara melihat dari menu “K” kemudian pilih “Control Center”. Akan tampil sebagai berikut:
Kita akan menyimak satu persatu fasilitas yang disediakan oleh control center:
1)                   File browsing
2)                   Information
a.       Tipe prosesor yang digunakan dapat dicari dengan mengklik Processor di menu informatioan pada control center. Dapat dilihat di bawah ini bahwa prosesor yang digunakan adalah tipe Intel(R) Core™2 Duo CPU T6500@ 2.10GHz.
b.      Kapasitas memori yang digunakan.
Informasi tentang memori yang digunakan terdapat pada memori information memuat tentang physical memori yaitu sebesar 1.054.318.592byte dan selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut:
c.       Sound Card yang digunakan tidak terdeteksi karena tidak ada driver yang mendukung device ini.
d.      Chipset Intel 82371 AB PII X4 ISA
e.      VGA atau Visual Graphic adalah tipe  S3 Inc (Trio32/64)
f.        Ethernet Card DECChip21140Fasternet.
g.       Informasi penggunaan Hardisk 25GB terbagi menjadi 8 partisi, sebagai dapat dilihat pada dua gambar di bawah yang saling melengkapi:
h.      Informasi tentang Sistem Operasi yang digunakan adalah linux Mandrix release 2.4.18-6mdkenterprise pada machine i686 tipe KDE 2.2.2.
4.            Information
Screensaver ini merupakan fitur pengatur tampilan layar pada saat computer dalam waktu tertentu tidak digunakan yang dimaksudkan untuk menghemat listrik atau batrai.
Cara menggunakannya adalah dengan memilih LookNFeel pada control center kemudian pilih screensaver. Tampilan menunya sebagai berikut:
Screensaver dapat diaktifkan ataupun non aktifkan dengan memberikan tanda chentang pada menu button Enable screensaver. Banyak pilihan diberikan kepada user . Kita dapat memilih salah satunya dari daftar yang disediakan dan kita dapat mengetahui efeknya sebelum diaktifkan secara penuh dengan cara mengklik menu “Test”. Sedangkan untuk mengatur configurasi masing-masing model screensaver disediakan menu setup. Kita lihat menu setup model screensaver Swarm. Terdapat mode speed untuk kecepatan gerak dan number of beers untuk frekuensi garis-garis animasi.
Beberapa pengaturan lainnya adalah group setting untuk mengatur masa tunggu computer tidak aktif sehingga screensaver dimunculkan. Dan ada option priority dan password apakah diaktifkan atau tidak. Apabila password diaktifkan alias enable maka setiap kali Anda mau keluar dari screensaver maka harus memasukkan password user terlebih dahulu. Ada juga menu default untuk mengembalikan pengaturan pada posisi awal/bawaan mandrik. Dan cara setting terakhir adalah Anda harus memencet apply atau Ok.
5.            Aplikasi Office
Ada beberapa program aplikasi office yang dapat digunakan. Aplikasi KWord menjadi satu bundle dengan Mandrik, setiap kali kita menginstall mandrik otomatis pasti terinstall juga aplikasi KWord ini. Namun sebenarnya kurang user friendly karena fasilitas dan fungsinya belum berjalan maksimal seperti dalam penggunaan text wraping, sebagian besar orang kesulitan menerapkannya. Dan untuk mengatur gambar agar met mengikuti text tidak mudah dilakukan.
a.                   Untuk memulainya kita gunakan menu star “K”, kemudian klik Office  dan wordprocessor, dapat divisualisasikan sebagaimana gambar di bawah.
b.                  Pada awal masuk ke dalam program KWord tersebut akan disajikan menu pilihan jenis layout kertas, kemudian operasi yang akan dilakukan pada awal proses. Apakah akan membuka file yang lalu, yang pernah diedit. Atau membuat file baru atau membuka file yang baru saja yang masih tertera pada recent file.
c.                   Setelah itu pencet “Ok”.
               
d.                  Sebagaimana tampilan di atas adalah tampilan program KWord. Mirip dengan Microsoft office atau open office. Juga terdapat menu icon item, berbagai tools yang dapat digunakan dan dapat ditampilkan maupun disembunyikan. Kita dapat mengatur semua itu di menu vew, atau cukup klik kanan pada bar kemudian centhang pada tools yang diaktifkan. Cobalah ketik sebagaimana pada gambar:
e.                  Untuk menyimpan data text yang sudah kita tulis dengan cara di pilih menu pulldown fileà save. Isilah pada location dengan nama file yang anda kehendaki. Jangan lupa lokasi direktori dimana anda menyimpan perlu diingat atau agar mudah diingat maka simpanlah di direktori khusus,  untuk selanjutnya pencet ok. Maka file tersebut sudah tersimpan dengan nama dan letak file dimana yang anda kehendaki.
f.                    Simpanlah file tersebut sekali lagi dengan memanggil file àsave as. Pilihlah type file dengan memilih di menu filter dengan type plain text. Nama tidak perlu di ubah karena type file berbeda jadi file tersebut tidak akan tertumpuk.
g.                   Lakukan sekali lagi tetapi dengan type file rtf.
h.                  Banyak sekali fasilitas apabila dibicarakan namun masih kalah banyak dibandingkan dengan fasilitas yang dimiliki oleh Microsoft office atau open office. Dan dapat dikatakan menu-menu dan fasilitasnya sama apabila kita sudah cukup menguasai Microsoft office insya Allah kita tidak akan begitu kesulitan menggunakan KWord.
6.            Aplikasi Archive / compres
Cara mengkompres file adalah dengan program Archiver pada menu application menu “K” pilih Archiving àCompression àArchiver, sebagaimana tampilan di bawah:
Tampilan program Archiver sebagaimana di atas, tetapi pada mandrik yang kami insall ternyata ada error program Archiver sehingga tidak dapat digunakan untuk mengkompress file.
Mestinya proses berikutnya adalah:
Line Callout 2: Mestinya icon ini aktif, setelah kita klik maka akan mencari file/banyak file yang akan dikompres untuk dikumpulkan pada tampilan Achiver ini. Setelah terkumpul maka proses selanjutnya adalah klik compress.
TUGAS:
Bagaimana cara untuk mounting dan unmount flash disk pada linux (mandrikatau ubuntu).
Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Mounting  flash biasanya akan secara automatic dilakukan oleh mandrik atau jenis linux lainnya. Tetapi kalau memang belum termounting maka kita cukup mengklik kanan pada icon device storage flash kemudian pilih mount.
  2. Sedangkan cara untuk unmount maka kita juga cukup mengklik kanan pada icon flash tersebut kemudian pilih unmount.
KESIMPULAN:
1.                   Menu yang disajikan oleh Linux Mandrix cukup lengkap dan tidak kalah seru dengan menu-menu yang disajikan oleh windows. Menu-menu ini merupakan fasilitas GUI sebagai layanan agar Operating System yang bernama linux bersifat user friendly dan good dalam hal user interface. Dimana pengguna akan merasa familier, mudah dan merasa nyaman tentunya.
2.                   Operasi linux sudah menyediakan beberapa jenis aplikasi yang siap digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari bagi penggunanya. Khususnya aplikasi yang berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yaitu KWord. KWord ini merupakan aplikasi untuk editing text yang memberikan fasilitas pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan surat menyurat. Namun masih kalah jauh fasilitas yang dapat diberikan kepada user dibandingkan beberapa jenis office dengan bunder khusus seperti halnya Microsoft office, open office, dan semacamnya.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s