MODUL SO : Utilitas dalam LINUX

1.         TUJUAN

Menggunakan sejumlah utilitas linux. Dimana utilitas adalah sebuah perintah yang dapat digunakan melakukan berbagai fungsi sederhana yang dapat dikombinasikan dengan berbagai perintah linux lainnya sehingga dapat menjadi alat/tool untuk mengalihkan keluaran ke file atau membaca dari file, atau informasi yang diperlukan dalam linux.
2.         PEMBAHASAN
Pembahasan
1)      Membuat file ibukota.txt dengan editor vi. Sebuah cara yang cukup mudah untuk membuat file. Dengan mengetikkan vi ibukota.txt pada shell kita sudah masuk pada vi editor sekaligus dapat menuliskan apa yang kita kehendaki. Setelah selesai menuliskan ibukota dan negara setiap bagiannya sebagaimana gambar di bawah. Untuk keluar dari vi editor cukup tekan “Esc”+ :wq enter.

2)      Perintah sort. Perintah sort ini berfungsi untuk melakukan pengurutan sesuai abjad jadi dari a-z (acending).   Sedangkan untuk membalikkan agar susunan menjadi terbalik yaitu dari z-a (decending). Sebagaimana terpampang di bawah ini adalah hasil tampilan sort acending dimana sintac perintah yang dilakukan adalah sort ibukota.txt.

3)      Dalam utility linux / vi terdapat perintah untuk mendokumentasikan hasil operasi dari sorting file tersebut menjadi file yang lain. Sebagaimana perintah di bawah ini yang menunjukkan bahwa hasil dari sorting dijadikan file hasil.txt. Sintac perintah yang dilakukan adalah sort ibukota > hasil.txt.

4)      Dapat kita lihat di bawah ini sebagaimana keterangan di untuk melakukan sort terbalik atau decending dapat digunakan perintah sort –r ibukota.txt dan hasilnya sebagaimana di bawah ini

5)      Perintah wc ibukota.txt adalah sebuah perintah untuk menampilkan informasi berturut-turut dari sebelah kiri adalah informasi tentang panjang atau banyak baris dimana menurut informasi ini adalah sebanyak 11 baris, sedangkan angka 23 adalah menunjukkan banyaknya kata dan 183 menginformasikan banyaknya karakter. Perintah ini dapat dikembangkan dengan beberapa perintah tambahan berupa option -l, -w, -c.  Sebagaimana di bawah ini ditunjukkan dengan perintah wc -l ibukota.txt adalah perintah untuk menampilkan informasi tentang banyaknya line / baris, sedangkan wc –w ibukota.txt memerintahkan untuk menampilkan banyaknya kata, dan wc –c untuk menampilkan informasi banyaknya karakter.

6)      Di bawah ini kami mengkopi file hasil.txt sort menjadi sortibukota.txt agar dalam melihat hasil dari beberapa operasi di bawah ini lebih mudah. Dan ke depan file yang diolah adalah file dengan nama sortibukota.txt
Perintah selanjutnya yang kami praktekkan adalah head -1 sortibukota.txt, setelah dieksekusi perintah ini berfungsi untuk menampilkan baris pertama dari deretan daftar nama ibukota dan Negara yang tertera dalamfile sortibukota.txt. Kita dapat melihat bahwa yang tampil pada layar adalah nama Bangkok: Thailand.
Perintah lainnya adalah head -5 sortibukota.txt, berfungsi untuk menampilkan 5 baris pertama sebagaimana ditampilkan pada gambar di bawah. Dan hal tersebut ditunjukkan juga oleh perintah head -10 sortibukota.

7)      Berikut kami mencoba untuk mengkombinasikan dua perintah utility yaitu sort dan head.
Perintah sort ibukota.txt |head -5 memberikan hasil yaitu untuk melakukan sorting terhadap file ibukota.txt untuk kemudian ditampilkan. Namun yang ditampilkan hanyalah 5 baris pertama dari daftar sort.
Sedangkan sort ibukota.txt |head -5 |wc –c adalah sebuah perintah untuk melakukan sorting terhadap file ibukota.txt kemudian memilah agar diklasifikasi menurut 5 baris pertama sedangan bentuk tampilan hanyalah berupa informasi banyaknya karakter yang dapat diindentifikasi dari klasifikasi sort dan head -5. Dengan kata lain bahwa perintah tersebut adalah untuk menampilkan informasi cacah karakter bagi hasil sorting pada 5 baris pertama, yaitu sebanyak 88 karakter.

8)      Mencoba perintah tail dimana kita menggunakan file sortibukota.txt yaitu file hasil kopian hasil sorting terhadap file ibukota.txt.
Perintah tail -1 sortibukota.txt adalah untuk menampilkan 1 (satu) baris pertama file tersebut namun dari bawah. Sewaktu kita eksekusi informasi yang muncul adalah Washington: USA yaitu baris paling bawah file sortibukota.txt.
Kita ulangi perintah tail dengan memberikan option angka yang berbeda yaitu angka -3, dan hasilnya ternyata menampilkan 3 baris pertama dari bawah.
Untuk menyimpulkan bentuk perintah tail, kita coba untuk memberikan nilai +1 dimana hasil operasi perintah tersebut adalah menampilkan informasi isi file tersebut mulai dari baris pertama. Karena sewaktu kita mencoba untuk mengganti angka +3 informasi yang tampil dimulai dari Kairo: Mesir yang merupakan baris ke 3 dari isi file sortibukota.txt. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perintah tail kemudian diikuti dengan +bilangan tertentu, memberikan perintah untuk menampilkan isi file mulai dari baris ke 3.

9)      Untuk selanjutnya kita coba lagi untuk mengkombinasikan sintac perintah sort dan tail sebagai berikut.
Sort ibukota.txt |tail +5, perintah ini mempunyai arti bahwa linux memerintahkan untuk melakukan tindakan sortir terhadap file ibukota.txt untuk kemudian menampilkannya tetapi hanya ditampilkan mulai dari baris ke 5 saja.
Kita coba untuk mengkombinasikan tiga macam perintah sekaligus, yaitu:
Sort ibukota.txt |tail -3 |wc -l  adalah untuk menampilkan informasi tentang banyaknya baris dari hasil sortir file ibukota.txt dengan membatasi pada 3 baris pertama dari bawah. Demikian juga pada perintah di bawah lainnya dimana yang kita gantikan adalah perintah wc –w dan wc –c dimana dua perintah tersebut adalah untuk menampilkan informasi banyaknya kata/word dan banyaknya huruf/character.
Untuk memastikan kesimpulan fungsi perintah ini, dapat dilihat dari tampilan perintah di bawah ini dengan sort ibukota.txt |tail -3 terlihat 3 baris pertama dari bawah. Secara manual dapat dihitung banyaknya baris, banyaknya kata dan banyaknya haruf yaitu sebanyak 3 baris, 6 kata dan 46 huruf.

10)  Kita lihat dari hasil tampilan di bawah ini perbedaan nilai – dan + pada perintah tail … ibukota.txt. Dapat disimpulkan bahwa dengan memberi nilai – maka informasi yang ditampilkan adalah menampilkan isi file sebanyak bilangan yang ditentukan baris terakhir, sebagai contoh -3 adalah untuk menampilkan 3 baris terakhir. Sedangkan nilai + memberikan perintah untuk menampilkan isi file dengan criteria dimulai dari baris ke 3 sampai baris terakhir.

11)  Perintah grep adalah sebuah perintah mengklasifikasikan suatu informasi berdasarkan permintaah.
Contoh grep “o” ibukota.txt, perintah tersebut untuk menampilkan baris-baris isi file ibukota.txt dengan syarat ada sebuah karakter “o” di dalam baris tersebut. Perintah ke dua adalah grep “ia”sebagai perintah untuk menampilkan baris yang mengandung “ia”. Demikian juga dengan perintah grep “aris” dang grep “halo”.

12)  Sebagaimana beberapa perintah terdahulu, kita coba untuk mengkombinasikan dengan beberapa perintah sekaligus. Perintah grep “o” ibukota.txt |wc –l adalah perintah untuk menampilkan informasi banyaknya baris yang mengandung karakter “o”.

13)  Kebalikan dari untuk select criteria adalah unselect dimana digambarkan dengan perintah –v. Kita cermati dengan tampilan di bawah ini. Perintah grep “o” berfungsi menampilkan baris yang mengandung karakter “o”. Sedangkan dengan grep –v “o” akan menampilkan kebalikan dari perintah grep “o”. Sehingga yang ditampilkan adalah baris-baris yang tidak mengandung karakter “o”.

14)  Menggunakan perintah df untuk mengetahui informasi tentang system storage atau media penyimpanan. Penggunaan kapasitas file system yang tersedia, banyak space yang digunakan dan sudah seberapa banyak yang digunakan.
Perintah uname –m menyatakan informasi jenis mesin yang digunakan atau tipe hardware, uname –n adalah infomasi tentang jaringan, uname –r untuk menampilkan release sistem operasi yang digunakan dan uname –v adalah versi operating sistem yang digunakan.

15)  Sebagai latihan kita mencoba beberapa perintah untuk mengimplementasikan perintah sebagai berikut:
a.       Tampilkan banyaknya baris pada file ibukota.txt dengan wc –l ibukota.txt;
b.      Tampilkan banyaknya baris yang tidak mengandung karakter “o” dengan grep –v “o” ibukota.txt |wc -l;
c.       Tampilkan banyaknya baris yang huruf pertama ibu kotanya adaah huruf I dengan tail =3 ibukota.txt |wc -l;
d.      Tampilkan 3 baris pertama yang mengandung huruf “a” dengan perintah grep “a” ibukota.txt |head -3;

3.         KESIMPULAN
·         Dengan perintah utility sederhana yang terdapat pada linux memberikan kesempatan kepada para operator untuk mengelola sebuah file, khususnya apabila diperlukan informasi tertentu terhadap file tersebut. Mungkin terkait mengenai informasi banyaknya baris, banyaknya kata dan banyaknya karakter.
·         Memudahkan dalam pencarian file semisal pada saat kita melakukan pencarian file atas sebuah file yang mengandung kata Indonesia atau New Delhi, dsb.
·         Melakukan penyuntingan sort dan gabungan perintah yang lain seperti kombinasi perintah dengan grep, untuk memilahkan kasus tertentu menjadi satu bagian file tersendiri.
·         Iformasi tertentu tentang kondisi hardware seperti disk (media penyimpan) terhadap kapasitas dan free spacenya, sistem operasi yang digunakan, jenis prosesor, user pemakai dan data-data lainnya yang diperlukan.
4.         TUGAS
·         Menjelaskan secara detail perintah-perintah yang telah dijalankan dan contoh yang lain yang.
·         Perintah lain pada utilitas vi yang lain:
o   sort -f  “file”  (sortir dengan mengabaikan  huruf besar dan kecil)
o   sort -M (untuk mensortir khusus daftar Bulan)
o   stat –i (Mendapatkan informasi mengenai suatu file)
o   vim (editor layaknya editor vi yang sama persis dapat digunakan untuk melakukan editing terhadap sebuah file)
o   uname –p adalah perintah untuk menampilkan informasi tentang type prosessor yang digunakan.
o   uname –all adalah perintah untuk menampilkan semua informasi atas software yang digunakan;
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s