MODUL X, WEB 2

PROGRAM INTERAKTIF DENGAN JAVASCRIPT
A.TUJUAN
Mahasiswa mampu memanfaatkan event onmousedown,onmouseup, onkeydown, onkeyup, onmousemove yang ada dijavascript untuk membuatprogram agar lebih interaktif.
B.PEMBAHASAN
Macam– macam event yang digunakan agar program yang kita buat lebih interaktif,diantaranya :
1.     onkeydown
Eventini digunakan untuk menentukan aksi yang harus dikejakan ketika tomboldikeyboard ditekan.
2.     onkeyup
Eventini digunakan untuk menentukan aksi yang harus dikejakan ketika tomboldikeyboard dilepaskan.
3.     onmousedown
Ketikakita klik kiri tombol mouse, maka akan memanggil event onmousedown yang adadijavascript. Hal ini berguna jika kita ingin memanggil fungsi yang terpisahatau jika ada aksi user mengklik pada bagian tertentu dihalaman web
4.     onmouseup
Ketikatmelepaskan tombol mouse, maka akan memanggil event ini yang ada yang adadijavascript. Hal ini berguna jika kita ingin memanggil fungsi-fungsi yangterpisah atau jika ada aksi user melepas tombol mouse setelah ditekan.
5.     onmousemove
Terjadi ketika user menggerakkan mouse.
PembahasanPraktikum :
coba1.html :
a. menandakan bahwa kode yang terdapat didalamnya adalahkode HTML sehingga browser akan menerjemahkan sebagai dokumen HTML. Bagian yangterdapat dalam dan umumnya terbagi ataskepala dan badan.
b. merupakan bagian kepala. Dibagian ini kita bisamenentukan judul dokumen HTML
c. <scriptlanguage=”javascript”> merupakan kodeuntuk mengawali javascript.
d. function hitungKar(field,count, maxchars)digunakan untuk membuat fungsi dengan namahitungKar dengan parameter field, count dan maxchars
e. if(field.value.length>maxchars){
field.value=field.value.substring(0,maxchars);
alert(“Anda sudahMelebihi batas\nMaximal : “+maxchars+” karakter.”);
digunakan untukmengecek kondisi variabel panjang nilai variabel field lebih besar darivariabel maxchars, jika bernilai true, maka nilai dari variabel field adalah untukmemperoleh karakter dalam sebuah variable maxchars yaitu 0, dan akanmenampilkan Anda Melebihi batas Maximal…karakter.
f. else
count.value=maxchars-field.value.length;
jika kondisibernilai false maka nilai dari variabel count adalah, variabel maxcharsdikurangi panjang nilai varaibel field
g. merupakan bagian badan dalam dokumen HTML.
h.

Sisa Karakter :

digunakan untukmembuat form dengan nama Sisa Karakter, dengan tipe masukan disabled artinya tulisan yang terdapat didalamTEXTAREA tidak dapat disalin dan diubah, dengan panjang maksimal 3, dengannilai 100 dengan nama sisakar
i. <textarea cols="40" mso-bidi-font-weight:normal"="" name="pesan" onkeydown="hitungKar(this.form.pesan,this.form.sisakar, 100); menentukan tipamasukan textarea dengan nama pesan dengan tinggi pada textarea yaitu 5, WRAP=VIRTUALberarti kalimat yang lebih panjang dari lebar kotak masukan akan diteruskan kebaris di bawahnya, tetapi yang disimpan oleh browser tetap satukalimat panjang yang tidak terputus., ketika klik kiri tombol mouse, maka akanmemanggil event onmousedown yaitu menghitung sisa kerakter denga nilai awal 100yang menuju kefungsi hitungKar.

j. onkeyup =”hitungKar(this.form.pesan,this.form.sisakar, 100);”> digunakan untuk menentukan aksi ketika tombolkeyboard dilepaskan yaitu menuju kefungsi hitungKar untuk menghitung sisakarakter pada form dengan nilai awal 100

k. digunakan untuk membuat tombol Reset dengan  tipe masukan reset.

 

latihan.html

Pembahasanlatihan sama dengan pembahasan script coba1.html hanya ditambah dengan kode :

a. ProgramPengirim SMS digunakan untuk membuat tulisan Program Pengirim SMSdengan huruf tebal. B artinya bold / tebal.

b.

Banyak Karakter :

Banyak Pesan :

Pesan

Nomor Tujuan :

Isi Pesan

<textareaname="pesan" rows="5" wrap="virtual"cols="40"

onkeydown=”hitungKar(this.form.pesan,this.form.sisakar,100);”

onkeyup=”hitungKar(this.form.pesan,this.form.sisakar,100);”>

digunakan untukmembuat form dengan judul Banyak Karakter : dengan tipe masukan berupa teks,panjang maksimal 3, size 3 dengan nilai 0 dengan nama sisakar, Banyak Pesan :dengan tipe masukan berupa teks, panjang maksimal 3, size 3 dengan nilai 0dengan nama sisapes, Nomor Tujuan : dengan tipe masukan berupa teks, panjangmaksimal 12, size 15 dengan nilai 0 dengan nama notu, Isi Pesan menentukan tipamasukan textarea dengan nama pesan dengan tinggi pada textarea yaitu 5, WRAP=VIRTUALberarti kalimat yang lebih panjang dari lebar kotak masukan akan diteruskan kebaris di bawahnya, tetapi yang disimpan oleh browser tetap satukalimat panjang yang tidak terputus., ketika klik kiri tombol mouse, maka akanmemanggil event onmousedown yaitu menghitung sisa kerakter denga nilai awal 100yang menuju kefungsi hitungKar dan digunakan untukmenentukan aksi ketika tombol keyboard dilepaskan yaitu menuju kefungsihitungKar untuk menghitung sisa karakter pada form dengan nilai awal 100
c. digunakan untuk membuat tombol submit dengan nama /nilai Kirim
d. digunakan untuk membuat tombol Reset dengan  nilai reset.
    
C.TUGAS
D.KESIMPULAN
Setelah melaksanakan praktikum modul 10 tentangProgram Interaktif dengan Javascript maka kita mampu memanfaatkan event onmousedown, onmouseup, onkeydown,onkeyup, onmousemove yang ada dijavascript untuk membuat program agar lebihinteraktif.
E.LISTING[terlampir]
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s