MODUL XVI, Algoritma Pemrograman I

KELASDAN OBYEK II
A.  DASAR TEORI
Sebuah cirri khas program java menciptakan banyakobyek sperti kita ketahui, berinteraksi dengan meminta method melalui interksiobyek-obyek tersebut, sebuah program dapat membawa macam-macam tugas, sepertiimplementasi GUI, menjalankan animasi, atau mengirim atau menerima informasimelalui jaringan. Sekali sebuah obyek menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk apaobyek tersebut dibuat, sumber dayanya didaur ulang untuk digunakan oleh obyeklain.
MenciptakanObyek
Sudah kita ketahui saatkita menciptakan sebuah obeyk dari sebuah kelas, maka cetakan kelas tersebutakan ada di dalam obyek tersebut.
1)     Deklarasi : semua deklarasi variableyang mngasosiasikan nama variable degan sebuah tipe dari obyek.
2)     Instansiasi : kata kunci new dalahoperator java menciptakan obyek.
3)     Inisialisasi : operator new diikuti olehpemanggilan konstruktor, yang mana menginisialisasi obyek baru
Mendeklarasikan Sebuah Variabeluntuk Mengacu ke Sebuah Obyek
Dengansebuah variable primitive, deklarasi ini juga meyediakan jumlahmemori yangtepat untuk variable. Deklarasi variable referensi tidak menciptakan sebuahobyek. Untuk itu kita membutuhkan operator new untuk menciptakan obyek.
Instansiasisebuah Kelas
Operatornew mengintansi sebuah kelas dengan akolasi memori untuk obyek baru danmengembalikan sebuah referensi kesebuah memori tersebut. Operator new jugamelibatkan konstruktor obyek. Istilah mengistansiasi sebuah kelas berartimempunyai maksud yang sama dengan menciptakan sebuah obyek. Ketika kitamenciptakan sebuah obyek, kita menciptakan sebuah instance dari sebuah kelas,sehingga disebut dengan instansiasi sebuah kelas.
Operatornew memrlukan sebuah argument tunggal, postfix yang merupakan panggilan untuksebuah konstruktor. Nama dari konstruktor menyediakan nama dari sebuah kelasuntuk instasiasi. Operator new mengembalikan sebuah obyek yang diciptakan.
B.  PEMBAHASAN
Program:
1.public class Titik{
2.public int x = 0;
3.public int y = 0;
4.public Titik(int a, int b){
5.x = a;
6.y = b;
7.}
8.}
Pembahasan:
Baris1 adalah deklarasi kelas. Baris 2 sampai 3 adalah deklarasi fields yang bisa digunakan dilain kelasyaitu fields x yang bertipe integer dan fields y yang juga bertipe integer.Baris 5 sampai 7 adalah konstruktor dimana nilai fields x = a, dan nilai fieldsy = b.
Program:
1.public class PersegiPanjang1{
2.public int panjang = 0;
3.public int lebar = 0;
4.public Titik awal;
5.public PersegiPanjang1(){
6.awal = new Titik(0, 0);
7.}
8.public PersegiPanjang1(Titik p){
9.awal = p;
10.   }
11.   public PersegiPanjang1(int w, int h){
12.   awal = new Titik(0, 0);
13.   panjang = w;
14.   lebar = h;
15.   }
16.   public PersegiPanjang1(Titik p, int w, int h){
17.   awal = p;
18. panjang= w;
19. lebar =h;
20. }
21. publicvoid pindah(int x, int y){
22. awal.x=x;
23. awal.y=y;
24. }
25. publicint getLuas(){
26. returnpanjang * lebar;
27. }
28. }
Pembahasan:
Baris1 sampai 4 adalah sebuah deklarasi kelasyang diberi nama PersegiPanjang1. Dimana pada kelas ini tedapat  2 fields yaitu fields  panjang yang bertipe integer dan bernilai 0,dan fields  lebar yang juga  bertipe integer dan bernilai 0. Titik awal,mengambil konstruktor dari kelas Titik pada program 1. Baris 5 sampai 7 adalah sebuahkonstruktor yang menyatakan bahwa pada kelas PersegiPanjang1 nilai awal = Titik yang diambil dari kelas Titik padaprogram 1. Baris 8 sampai 10 adalah konstruktor yang ada di kelas PersegiPanjang1 yangmenggunakan parameter Titik p yangdidapat dari kelas Titik pada program 1. Dimana pada konstruktor inidijelaskan bahwa nilai awal = p. Baris 11 sampai 15 adalah konstruktor yang adadi kelas PersegiPanjang1, yang menggunakan parameter w dan h yang bertipeinteger. Dimana pada konstruktor ini dijelaskan bahwa nilai awal = Titik(0, 0),nilai panjang = w, dan nilai lebar = h. Baris 16 sampai 20 adalah konstruktoryang ada di kelas PersegiPanjang1, yang menggunakan parameter p,  w dan h yang bertipe integer. Dimana padakonstruktor ini dijelaskan bahwa nilai awal = p, nilai panjang = w, dan nilailebar = h. Baris 21 sampai 24 adalah  method yang digunakanuntuk memindahkan persegi panjang. Dimana pada method ini menggunakan parameterx dan y yang bertipe integer. Pada method ini dijelaskan bahwa variabel awal.x=x dan variabel awal.y  = y. Baris 25sampai 26 adalah  method yang digunakanuntuk menghitung luas persegi panjang. Methodini diberi nama getLuas. Dimana untuk mendapatkan hasil luas adalah denganmengalikan variabel panjang dengan variabel lebar.
Program:
1.public class MembuatObyek {
2.public static void main(String args[]) {
3.Titik titikAwal = new Titik(23, 24);
4.PersegiPanjang1 persegiSatu = new PersegiPanjang1(titikAwal, 100, 200);
5.PersegiPanjang1 persegiDua = new PersegiPanjang1(titikAwal, 50, 100);
6.System.out.println(“Panjang persegiSatu :”+persegiSatu.panjang);
7.System.out.println(“Lebar persegiSatu :”+persegiSatu.lebar);
8.System.out.println(“Luas persegiSatu :”+persegiSatu.getLuas());
9.persegiDua.awal = persegiSatu.awal;
10.   System.out.println(“Posisi X dari persegiDua :”+persegiDua.awal.x);
11.   System.out.println(“Posisi Y dari persegiDua :”+persegiDua.awal.y);
12.   persegiDua.pindah(40, 72);
13.   System.out.println(“Posisi X dari persegiDua :”+persegiDua.awal.x);
14.   System.out.println(“Posisi Y dari persegiDua :”+persegiDua.awal.y);
15.   }
16.   }
Hasiloutput program :
Pembahasan:
Baris1 sampai 2 adalah nama kelas yang akan dibuat yaitu MembuatObyek. Dimana kelas inimerupakan program utama dalam java yang berarti memulai program dengan methodmain. Baris 3 adalah deklarasi Fungsibaru yang diberi nama titikAwal yang didapat dari kelas Titik dan PersegiPanjang padaprogram 1 dan 2. Berisi data titik (23, 24). Baris 4 sampai 5 adalah deklarasi dan penciptaan 2obyek PersegiPanjang. Dimana PersegiPanjang1 persegiSatu merupakan data yangdiambil dari kelas PersegiPanjang1. Baris 6 sampai 8 digunakan untuk menampilkan datayang terdapat didalam tanda titik dua yaitu “PanjangpersegiSatu : ” , “Lebar persegiSatu : ” dan “Luas persegiSatu : ” serta untuk menampilkan hasil panjang persegiSatu,Lebar persegiSatu dan Luas persegiSatu sesuai dengan method panjang, methodlebar dan method getLuas yang setelah selesai ditampilkan akan berpindah baris.Baris 9 adalah deklarasi yang menyatakan bahwa nilai persegiDua.awal =persegiSatu.awal. Baris 10 dan 11 digunakan untuk menampilkan data yangterdapat didalam tanda titik dua yaitu “ PosisiX dari persegiDua : ” dan “Posisi Y dari persegiDua : ” serta untuk menampilkan hasilnya sesuai denganmethod persegiDua.awal.x dan persegiDua.awal.y yang setelah selesai ditampilkanakan berpindah baris. Baris 12 berfungsi memindah nilai persegiDua menjadi x =40 dan y = 72. Baris 13 sampai 14 digunakan untuk menampilkan data yangterdapat didalam tanda titik dua yaitu “Posisi Xdari persegiDua : ” dan “Posisi Y dari persegiDua : ” serta untuk menampilkan hasilnya sesuai denganmethod persegiDua.awal.x dan persegiDua.awal.y yang setelah selesai ditampilkanakan berpindah baris.
Program:
1.class Bicycle{
2.public int cadence;
3.public int gear;
4.public int speed;
5.public Bicycle (int startCadence, int startSpeed,int startGear){
6.gear = startGear;
7.cadence = startCadence;
8.speed = startSpeed;
9.}
10.   public void setCadence (int newValue){
11.   cadence = newValue;
12.   }
13.   public void setGear(int newValue){
14.   gear = newValue;
15.   }
16.   public void applyBrake (int decrement){
17.   speed -= decrement;
18.   }
19.   public void speedUp (int increment){
20.   speed += increment;
21.   }
22.   public int getCadence(){
23.  return cadence;
24. }
25. publicint getGear(){
26. return gear;
27. }
28. publicint getSpeed(){
29.  return speed;
30. }
31. }
32. publicclass ApliBicycle{
33. publicstatic void main (String a[]){
34. Bicyclesepeda = new Bicycle (12,13,14);
35. System.out.println(“Cadence   : “+sepeda.getCadence());
36. System.out.println(“Gear : “+sepeda.getGear());
37. System.out.println(“Speed     : “+sepeda.getSpeed());
38. sepeda.setCadence(19);
39. System.out.println(“Cadence   : “+sepeda.getCadence());
40. }
41. }
Hasiloutput program :
Pembahasan:
Baris2 sampai baris 4 adalah kelas Bicycleyangakan dibuat terdiri dari 3 fields yaitu cadence, gear, dan speed yang semuanyabertipe integer. Baris 5 sampai 9 adalah konstruktor yang ada di dalam kelas Bicycle yang berisi 3argumen integer yaitu startCadence, startSpeed dan startGear. Dimana nilai gear= startGear, cadence = startCadence, dan speed = startSpeed. Baris 10 sampai 12adalah method yang terdapatpada kelas Bicycleyangdiberi nama method setCadenceyangberisi 1 arguman yaitu newValue yang bertipe integer. Dimana telah ditentukanbahwa nilai cadence = newValue. Baris 13 sampai 15 adalah method yang terdapatpada kelas Bicycleyangdiberi nama method setGearyangberisi 1 arguman yaitu newValue yang bertipe integer. Dimana telah ditentukanbahwa nilai gear = newValue. Baris 16 sampai 18 adalah method yang terdapatpada kelas Bicycleyangdiberi nama method applyBrakeyangberisi 1 arguman yaitu decrement yang bertipe integer. Dimana telah ditentukanbahwa nilai speed = speed dikurangkan dengan nilai decrement atau nilai speedtidak boleh lebih kecil dari nilai decrement. Baris 19 sampai 21 adalah methodyang terdapat pada kelas Bicycleyangdiberi nama method speedUpyangberisi 1 arguman yaitu increment yang bertipe integer. Dimana telah ditentukanbahwa nilai speed = speed ditambahkan dengan nilai increment. Baris 22 sampai24 adalah method yang terdapat pada kelas Bicycleyangdiberi nama method getCadenceyangtidak berisi argumen. Yang mana nantinya program ini akan menghasilkan nilaicadence. Baris 25 sampai 27 adalah method yang terdapat pada kelas Bicycle yang diberi namamethod getGear yang tidakberisi argumen. Yang mana nantinya program ini akan menghasilkan nilai gear. Baris28 sampai 30 adalah method yang terdapat pada kelas Bicycle yang diberi namamethod getSpeed yang tidak berisi argumen. Yang mana nantinyaprogram ini akan menghasilkan nilai speed. Baris 32 sampai 33 adalah nama kelasyang akan dibuat yaitu ApliBicycle.Dimana kelas ini merupakan program utama dalam java yang berarti memulaiprogram dengan method main. Baris 34 adalah deklarasiFungsi baru yang diberi nama sepeda yang berisi data (12, 13,14). Baris 35 sampai 37 digunakanuntuk menampilkan hasil dari method getCadance, getGear, dan getSpeed yangsetelah selesai ditampilkan akan berpindah baris. Baris 38 menyatakan bahwanilai method Cadence diubah menjadi 19. Baris 39 digunakanuntuk menampilkan method getCadence yang telah diubah sebelumya.
C.  TUGAS
1.     Buat program tentang kelas orang danjenisnya.
Program :
class Orang{
public int usia;
public int tinggi;
public int berat;
public Orang (int startUsia, int startTinggi, intstartBerat){
usia = startUsia;
tinggi = startTinggi;
berat = startBerat;
}
public void setUsia (int newValue){
usia = newValue;
}
public void setTinggi(int newValue){
tinggi = newValue;
}
public void setBerat(int newValue){
berat = newValue;
}
public int getUsia(){
     returnusia;
}
public int getTinggi(){
     returntinggi;
}
public int getBerat(){
     returnberat;
}
}
public class ApliOrang{
public static void main (String args[]){
     Orangpeople = new Orang (18,174,65);
     System.out.println(“Usia:”+people.getUsia());
     System.out.println(“Tinggi:”+people.getTinggi());
     System.out.println(“Berat:”+people.getBerat());
     people.setUsia(19);
     System.out.println(“Usia:”+people.getUsia());
     }
}
Hasil output program
2.     Tugas dari dosen pengampu praktikum.
Tidak ada tugas daridosen pengampu praktikum
D.  KESIMPULAN
Sebuah cirri khas program java menciptakan banyakobyek sperti kita ketahui, berinteraksi dengan meminta method melalui interksiobyek-obyek tersebut, sebuah program dapat membawa macam-macam tugas, sepertiimplementasi GUI, menjalankan animasi, atau mengirim atau menerima informasimelalui jaringan. Sekali sebuah obyek menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk apaobyek tersebut dibuat, sumber dayanya didaur ulang untuk digunakan oleh obyeklain.
Sudah kita ketahui saatkita menciptakan sebuah obeyk dari sebuah kelas, maka cetakan kelas tersebutakan ada di dalam obyek tersebut.
1)     Deklarasi : semua deklarasi variableyang mngasosiasikan nama variable degan sebuah tipe dari obyek.
2)     Instansiasi : kata kunci new dalahoperator java menciptakan obyek.
3)     Inisialisasi : operator new diikuti olehpemanggilan konstruktor, yang mana menginisialisasi obyek baru
E.   LISTING
Terlampir.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.